my life… simple is complicated

Santapan Harian Rabu, 12/12/2012

https://www.evernote.com/shard/s261//sh/72bca51c-241e-4824-9f06-aae730953e8c/5c0c07ca879e5dc100af1238fc75342f

Santapan Harian
Rabu, 12/12/2012
Yoel 2:18-27

Judul: Perubahan yang memulihkan
Seperti kita lihat, sifat Tuhan yang sejati adalah kasih, kesabaran, dan kasih setia. Manakala Ia menjatuhkan hukuman, pada saat yang sama Ia “menyesal” karena hukuman-Nya (Yl. 2:13). Tentu kata “menyesal” tidak perlu dimengerti terlalu harfiah di sini. Barangkali mirip dengan orang tua yang amat mencintai anak-anaknya dan mau tidak mau harus memberi hukuman demi kebaikan. Bila hukuman itu tergolong keras dan yang mendapat hukuman kemudian menyesal, wajar-wajar saja muncul semacam penyesalan, atau lebih tepat, rasa sedih.

Jelaslah, Tuhan juga dapat berubah hati, sebab bagaimana pun di dasar hati-Nya terdapat kasih dan pengampunan (bdk. Hos. 11:8). Perubahan hati Tuhan selalu berarti pembaruan. Ketika umat kembali kepada-Nya, Tuhan pun kembali kepada umat-Nya! Gambaran mengenai pembaruan ini yang ditampilkan dalam nas bacaan kita. Sebagai kebalikan dari bencana mengerikan yang dilukiskan sebelumnya, Tuhan memperbarui janji-Nya dan mengubah secara radikal kehidupan umat-Nya dari situasi yang mengenaskan. Kepada tanah dan makhluk hidup di atasnya, Ia berfirman, “Jangan takut” (21-22). Sebagai ganti ratapan yang memilukan, Ia mengajak umat-Nya dan segenap ciptaan untuk bersukacita dan bersorak-sorai (21, 23). Singkatnya, umat diajak untuk meyakini pemulihan yang dikerjakan Tuhan setelah mereka kembali kepada-Nya.

Namun, perlu dicamkan, bukan pemulihan keadaan fisik atau kelimpahan material yang menjadi alasan dan tujuan utama pertobatan umat. Seperti yang ditegaskan dalam ayat 27, tujuannya adalah agar mengetahui bahwa Dia ada di antara umat-Nya dan Dialah Allah mereka, bukan yang lain! Dasar dan tujuan sejati bagi pemulihan yang dijanjikan Tuhan tetaplah ikatan perjanjian dengan-Nya.

Semangat yang sama kita simak dalam ajaran PB. Injil adalah kabar baik yang meliputi hidup manusia seutuhnya, termasuk kebutuhan fisiknya (bdk. Luk. 4:18-19). Namun, Injil tidak kurang dari berita anugerah tentang pemulihan manusia menjadi ciptaan baru di dalam Kristus (2 Kor. 5:17)!

Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/12/12/

Santapan Harian.
diambil dari sabda.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s